~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Saturday, July 30, 2011

Ranting Kehidupan

Gambar diambil dari : 
http://www.freefoto.com/preview/15-19-50/Tree-Branches


"Seberapa banyak ranting dalam kehidupanmu yang perlu untuk disingkirkan?"

Itu salah satu tweet original gua di hari ini? Kenapa gua sebut original? Karena gua perhatiin.. gua lebih sering nge-retweet di Twitter, hahaha.. abisnya kadang kalo mo cuap2 suka bingung sendiri mo ngomongin apaan githu lhoo..

Anywayy.. kenapa tweet itu yang gua tuliskan? Semuanya itu bermula dari pohon sejenis palem yang ada di halaman belakang rumah. Pohon yang telah mengalami perpindahan ntah dari mana lalu mengalami pertumbuhan yang pesat hingga tumbuh subur dan tinggi menjulang, cuman satu aja sih masalahnyaa.. daun2nya yang mirips bangets ama daun pohon kelapa ituu (gua ngga tau istilahnya dhe, tapi kalo dibilang pohon kelapa tau donks bentuk daunnya kaya gimana? :p) amat sangat menghalangi jalan bangets kalo mo ke kolam buat ngeliat ikan2 yang lagi pada berenang ngga peduli mo ujan mo terik, pokoknya mereka terus berenang karena ngga tau mo melakukan apaan lagi selain berenang, haha..

Udah lama sih sebenernya nih daun terasa mengganggu karena tiap kali mo menapak di bebatuan itu musti menundukkan kepala biar ngga terkena tuh daun2nya, bukannya sok berasa diri tinggi tapi emang tuh dahan berdaun demen bangets sih mejeng dalam posisi yang rendah hingga tinggal beberapa jengkal lagi sukses dhe mencium tanah!

Tapi yaa ituu.. berhubung kemaren2 jarang ngelewatin tuh pohon karena toh kolam lagi sepi ikan terus minta tolong tuh dahan buat dipotong tapi kaga dikerja2in akhirnya gua mencapai batas kesabaran gua dalam merunduk tiap kali harus melalui jalan setapak ituu.. berbekal gunting ranting, dengan teganya gua memotong tidak hanya satu, tapi ada mungkin lebih dari 5 dahan berdaun itu dan tadaa.. kini gua melewati jalan itu tanpa perlu menunduk2 ataupun jengkel karena keberadaan tuh dahan yang menganggu.

Jadi mikir.. mungkin seringkali kita itu dijengkelkan ama sesuatu yang sebenernya emang udah saatnya perlu disingkirkan dari hidup kita kali ya, tapi ya selama ini kita hanya berharap hal itu akan menghilang ketika kita membuka mata tanpa melakukan usaha sedikit pun untuk membantunya menghilang dengan cepat, huahahaha..

And tadi gua sempat merapikan pohon di depan. Dipikir2, gua itu kurang suka dahan yang banyak ranting jadi tadi gua membuang ranting2 yang banyak bangets bertebaran di sepanjang dahan itu, padahal tuh ranting2 kecil juga sebenernya banyak yang merupakan ranting mati yang tidak lagi berdaun, boro2 berbuah!

Ketika udah berhasil membuang ranting2 dan dahan2 yang ngga perlu itu.. pohon itu pun terlihat lebih rapi dan lebih ngga ruwet, huahahaha..

Jadi mikir.. mungkin udah saatnya mulai memangkas juga ranting2 yang sampai saat ini masih menghiasi kehidupan ataupun bermain dalam pikiran kali yaa? Toh keberadaan mereka juga ngga berguna, siapa tau setelah memangkas ranting2 kecil yang udah pada kering ataupun yang keberadaannya menganggu ituu.. 'buah2' pikiran yang pada waktunya akan masak akan mempunyai tempat dan nutrisi yang cukup untuk bisa bertumbuh kembang karena tidak lagi harus berbagi tempat dengan para ranting yang sebenernya ngga penting2 amat selain untuk menambah keruwetan!

Hmm.. githu kali yaa?

Gua kangen ama pelajaran alam.. gua kangen akan masa2 di mana I can learn from small little things that happen around me.. gua kangen akan masa2 di mana gua bisa mengaitkan apa yang terjadi di sekitar gua dengan apa yang ada di dalam diri gua..

Wed 27/7 (12:14 am)

4 raindrops:

Winda said...

woohohohoho, gw suka banget postingan lo ini, indah..bisa aja ya lo mikir sampe ke sana..bener juga sih, sesuatu yg gk penting utk disimpen2, emang mendingan dibuang aja, ngasih tempat utk sesuatu yg baru yg mungkin lebih berarti buat kita..ahik..ahik..tapi gw jadi mikir, 'ranting' apa ya yg paling urgent utk dibuang dari diri gw? hmmm...

Ceritaeka said...

Hmm kayaknya ranting kebanyakan mikir yang gak penting2 harus secepatnya dibabat nih Ndah :P hehehe

Ria Tumimomor said...

masalahnya kita doyan mikir2 yang gak penting yak :D

depz said...

hmmmmmmmmm

inspiring dan agak #jlebbb
thanks for sharing this :)

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)