~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Monday, October 1, 2012

Young & Talented : Rossa Indah K. Matari

Gambar diambil dari :
koleksi foto pribadi Rossa


"Young & Talented" ini adalah postingan serba perdana, tidak hanya Rossa adalah tokoh pertama dari kategori "Young & Talented" yang tayang di blog ini, postingan ini juga akan membahas buku perdana Rossa, "Skandinavia : Traveling Aman, Hemat & Nikmat" yang telah beredar di toko buku ^o^

Bagi pembaca CHIC magazine, mungkin pernah melihat blog "Merry Go Round : Hidupku terus berputar" yang muncul dalam blog review CHIC periode 23 Maret - 6 April 2011.

Berbicara mengenai Rossa, tidak lepas dari passion. Apa passion seorang Rossa, dan bagaimana passion itu membawanya menghasilkan sebuah karya? 

Yuukk.. mari mengenal Rossa lebih lanjut, siapa tahu kamu jadi terinspirasi untuk menghidupi passion kamu dan menjadikan hidup lebih berwarna ;)


~.*.~

Selamat ya, Rossa, atas terbitnya buku kamu. Bisa cerita kisah "Skandinavia" hingga menjadi buku?

Awalnya Bentang membuka lomba Keliling Dunia Bersama Bentang, peserta cukup membuat proposal budget traveling ke destinasi di Eropa dan peserta yang proposalnya lolos akan dibiayai perjalanannya dan catatan perjalanannya akan dibukukan.  Saya memilih destinasi negara Skandinavia karena publik masih asing dengan negara di utara Eropa itu. 


Apa arti terbitnya "Skandinavia" ini buat kamu?

My next baby after Merry go Round blog :) Bagi saya kegiatan ngeblog maupun menulis buku seperti merawat seorang baby. Blog maupun buku memerlukan perhatian, kesabaran, konsistensi, dan cinta yang terus menerus tumbuh. Saat memutuskan untuk ngeblog maupun nulis buku saya harus sadar dengan konsekuensi bahwa saya harus mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit untuk mereka. Saya harus merawat mereka berdua sehingga karya yang saya tuangkan di dalamnya layak untuk dibaca, dijadikan referensi, bahkan dijual dalam bentuk buku. Saya yang mempersiapkan arah dan tujuan blog Merry go Round dan buku travel Skandinavia, ke depannya mau jadi seperti apa. Apa yang mau ditulis, apa yang mau di share ke pembaca, bagaimana membuat sebuah tulisan yang menarik, bagaimana membuat pembaca buku saya puas dengan buku yang berada di tangannya sehingga mereka tidak merasa sia-sia telah mengeluarkan sejumlah uang untuk membelinya. 


Mengapa memilih Norwegia & Swedia sebagai tempat tujuan travelling? Apa keistimewaan kedua negara tersebut yang membedakannya dengan negara-negara lainnya di daratan Eropa?

Negara-negara Skandinavia masih asing di telinga masyarakat dibanding destinasi terkenal lain di Eropa seperti Perancis, Belanda, Jerman dan lainnya. Saat pertama kali mengenal kecantikan alam Norwegia saya selalu berjanji pada diri sendiri untuk melihat lukisan Tuhan itu langsung dengan mata kepala sendiri, pun saya ingin menyebarkan kemolekan lukisan Tuhan itu pada masyarakat melalui buku panduan traveling ke Skandinavia. Tentu saja dengan harapan semakin banyak lagi orang yang mengetahui dan mengenal kecantikan alam di bumi Skandinavia.


Bagaimana ritme kehidupan di kedua negara tersebut? Apa bedanya dengan ritme kehidupan di Indonesia?

Masyarakat Swedia super stylish dibanding negara-negara Skandinavia lainnya. Masyarakat Norwegia pecinta alam dan petualangan di alam bebas. Negara Skandinavia adalah negara yang paling ramah terhadap kaum LGTB (Lesbian, Gay, Transgender dan Biseksual), perkawinan sesama jenis dilegalkan disini, bar khusus kaum gay maupun lesbian dengan mudah dapat ditemui di kota, kaum LGTB tidak perlu malu untuk mengemukakan identitas mereka terhadap publik, dan festival tahunan LGTB menyedot perhatian turis mancanegara. Persamaan hak dan minimnya rasisme terhadap kaum LGTB di negara Skandinavia membuka mata saya bahwa kaum LGTB pun memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya, dan hal ini dijunjung tinggi di Skandinavia. 


Dari 4 kota yang kamu kunjungi (Stockholm, Goteborg, Oslo dan Bergen), kota mana yang paling berkesan? Mengapa? Ada pengalaman menarik yang tidak terlupakan ketika mengunjungi kota tersebut?

Bergen. Banyak kejutan-kejutan yang Tuhan berikan saat saya berada di Bergen. Saat berada di Bergen saya kehabisan tiket Norway in a Nutshell karena terlambat membooking. Tur tersebut baru kosong seminggu setelah tanggal kepulangan saya ke Indonesia. Impian saya untuk melihat langsung Fjord Norway yang legendaris langsung hancur berantakan, padahal tujuan utama saya pergi ke Skandinavia adalah untuk menikmati keindahan alamnya. Untuk melihat lukisan Tuhan di bumi Skandinavia. Kemudian tiba-tiba permohonan tiket Norway in a Nutshell saya diluluskan pihak Visit Bergen hanya dalam waktu dua hari saja (normalnya memakan waktu minimal seminggu). Secara ajaib saya bisa ikut tur Norway in a Nutshell yang sudah fully booked secara gratis. Saat itu saya merasa rencana Tuhan indah banget


Apa yang harus dipersiapkan sebagai solo traveller? Tips yang wajib menjadi catatan, terutama bagi mereka yang baru pertama kali berpergian ke luar negeri?

Hal utama yang harus dipersiapkan solo traveler : Keberanian. Kalian nggak akan pernah bisa pergi jalan-jalan sendirian kalau dicekoki rasa takut yang tidak ada habisnya. Terkadang nekat dan berani hanya dibatasi dengan garis tipis. Kalau kalian tidak cukup berani, cobalah untuk nekat dan temukan banyak kejutan yang akan mewarnai perjalanan nanti. 

Yang wajib menjadi catatan saat melakukan perjalanan: cari informasi sebanyak-banyaknya tentang negara, kota, maupun destinasi tujuan kita. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan kita akan semakin mengenal negara ataupun kota tersebut. Sisanya, jangan lupa untuk menikmati perjalanan dan setiap langkah yang diayunkan.


Apa kelebihan "Skandinavia" dibanding buku travelling lainnya?

Banyak foto-foto yang menampilkan kecantikan alam dan kota Skandinavia ;) Dijamin akan jatuh cinta dan mupeng pengen pergi ke Skandinavia setelah kenal lebih dekat negara itu lewat buku Travel Skandinavia.


Harapan ke depan, apa kamu mau menerbitkan buku travel lainnya? Minat berkarier di bidang travel writing?

Kalau ada yang mau sponsorin saya jalan-jalan dan nulis buku lagi pasti mau banget ;) Berkarir di bidang travel writing? Kenapa enggak. Saya suka nulis dan saya cinta jalan-jalan. Travel writing adalah pekerjaan menyenangkan yang dapat menggabungkan keduanya. Untuk sekarang saya lagi fokus menyelesaikan proyek 4 Hari Untuk Selamanya. Sebuah travel journey yang menceritakan perjalanan saya ke Toraja. 


Saya sempat membaca postingan kamu yang berjudul "Poporin", yang menceritakan tentang kucing kamu, gaya berceritanya itu menarik lho. Ngga tertarik menerbitkan novel fiksi?

Format penulisan Poporin itu sebenernya nyontek teknik penulisan RadityaDika di Cerita Alfa (buku Marmut Merah Jambu). Waktu itu kucing saya baru hilang, jadi feelnya mungkin berasa banget dan sampai ke pembaca. 


Apa arti menulis buat kamu? Sejak kapan kamu mulai ngeblog? Dan apa saja yang kamu dapatkan dari ngeblog? 

Writing is my passion. Menulis adalah sebuah pekerjaan yang tanpa digaji pun saya bersedia melakukannya. Menulis adalah bentuk aktualisasi diri saya pada dunia, membuat diri saya merasa  berarti dan berguna di jagat raya yang luas ini. 

Saya mulai ngeblog sekitar tiga tahun yang lalu. Dari blog saya banyak ketemu teman-teman baru dari berbagai belahan dunia yang menarik. Saya bisa melihat dunia dari cara pandang yang lain, belajar banyak hal dari tulisan orang lain, memacu diri sendiri menjadi orang yang lebih baik lagi setelah bercermin melalui cerita teman-teman blogger. Lewat blog juga saya dapat menyelami semua hal yang menjadi passion dalam hidup ini. 


Biasanya kamu suka ngeblog soal apa saja?

Semua hal yang saya suka dan menarik perhatian saya. Biasanya itu seputar film, musik, buku, jalan-jalan, dan serpihan hidup untuk direnungkan kembali.


Membaca postingan-postingan di blog kamu, ada beberapa hal yang sering sekali kamu tuliskan, yaitu menyangkut film, musik dan juga buku. Sejak kapan kamu menyukai ketiganya?

Sejak dahulu kala. That’s why I called them passion of my life :)


Jenis film apa yang kamu sukai? Apa film favorit kamu? Apa film yang paling menginspirasi kamu? Ada kutipan atau adegan favorit dari film yang paling kamu suka?

Saya suka semua genre film, Cuma paling nggak bisa nonton film horor dan slash movie. Bisa sampai muntah atau nggak tidur beberapa hari. Biasanya saya suka pergi ke Festival Film karena memutarkan film selain genre film Hollywood. Mungkin dari semua genre film saya paling suka film kartun dari Pixar karena mereka membuat kartun yang bermuatan pesan yang matang dan cerdas. 

Karena saya movie holic sejati, saya kesusahan menyebutkan film yang bener-bener jadi favorit dan yang menginspirasi. Bejibun film yang sudah menginspirasi hidup saya, nggak cukup dibahas satu-satu. Mungkin sebagai gambaran beberapa film yang sempat saya review di blog merupakan bentuk apresiasi saya terhadap film tersebut. 


Kalau buku, ada topik tertentu yang menjadi favorit kamu dalam membaca buku? Dan apakah kamu suka membandingkan antara versi buku dan versi film andai film itu diangkat dari buku berjudul sama? Apa film terbaik yang diangkat dari buku menurut kamu?

Saya lebih suka baca novel dalam negeri dibanding novel terjemahan. Saya suka kata-kata yang mengalir dan Indonesia banget yang penulis dalam negeri gunakan. Kata-kata Indonesia banget itu bisa dalam arti sastra banget, nyeni banget, kocak banget, melankolis banget, dll. Saya merasa lebih ‘dekat’ dengan bendahara kata Indonesia saat membaca buku yang ditulis oleh penulis Indonesia. Topik yang saya suka biasanya seputar perjalanan atau jalan-jalan.  

Membandingkan film dan buku mungkin wajar, tapi saya sadar betul tidak mungkin mengangkat sebuah cerita sama persis dengan bukunya. Film terbaik yang berhasil diangkat dari buku menurut saya Jomblo dan Testpack. 


Rencana kamu ke depannya apa?

Rencana saya ke depannya simpel: nyelesein proyek 4 Hari Untuk Selamanya. Semoga baby saya nomor tiga ini bisa cepet lahir.


Mengapa memilih "Merry Go Round : Hidupku Terus Berputar" sebagai judul blog kamu? Apa semboyan ini sudah ada sejak kamu pertama ngeblog?

Saya pengen keliling dunia (nggak nyambung). Saat mikir judul blog dan cita-cita saya untuk keliling dunia tiba-tiba saja nama Merry go Round keluar. Alasan lainnya saya suka komidi putar, dengan lagu-lagu ceria, kuda yang terus naik turun dan berputar dalam satu lingkaran sempurna. Seperti hidup kan :)


Apa arti passion buat kamu? 

Passion adalah napas saya. Passion adalah bahan bakar dalam hidup saya. Membuat saya untuk terus melangkah maju dan menemukan kejutan-kejutan di depan sana. 


Apa impian kamu yang masih belum terwujud?

Nerbitin novel perjalanan ;)


Ada pesan yang ingin kamu sampaikan bagi pembaca blog kamu?

Life for your passion. Hidup ini singkat banget, rasanya sayang banget kalau setiap detiknya tidak dilakukan untuk melakukan hal-hal yang kita sukai atau cintai.

Makasih banyak ya atas waktu dan atensinya, Rossa ;) Terima kasih juga sudah berbagi :D Semoga para pembaca mendapatkan sesuatu sehabis membaca wawancara ini.

Jangan lupa, live for your passion, karena hidup itu singkat dan dengan melakukan hal-hal yang kita sukai akan membuat hari yang berat terasa lebih ringan.

Akhir kata, "travel is the only purchase that makes you richer" (unknown)

Sampai jumpa di edisi berikutnya.

-Indah-


~.*.~

Berikut biodata Rossa : 

Nama : Rossa Indah K. Matari

Tanggal lahir : 24 Februari

Blog : http://roundmerryround.blogspot.com 

E-mail : rossaindah.k@gmail.com

Twitter : @rossa_indah

FB : Rossa Indah K. Matari

0 raindrops:

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)