~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Thursday, January 9, 2014

cod : at times the result might as well depends on the way you see things

picture is taken from here

kamis 9/1 (11:25 pm)

malam ini ketika mantengin 'beranda' di facebook, gua menemukan satu gambar menarik yang terkadang muncul di suatu waktu dan biasanya sih ujung2nya memang selalu menimbulkan perdebatan, ahahaha..

gambar apaan sihh? itu tuhh.. gambar di atas tentang penjumlahan dan perkalian :D

menurut kalian.. berapa hasil akhirnya? 1 atau 12?

dulu gua selalu mengira bahwa matematika adalah ilmu yang pasti, yang jawabannya itu saklek, alias ngga bisa dikutak kutik, kalau a ya memang a, ngga bisa jadi b.

tapi malam ini, gua melihatnya dari sudut yang berbeda.. bukan matematikanya itu sendiri sihh.. tapi lebih kepada..

"betapa kesimpulan kita itu memang amat sangat tergantung dari sudut mana kita melihat sesuatu itu"

seperti halnya gambar di atas.. kalau perhitungannya menggunakan kalkulator sederhana yang melakukan penjumlahan ataupun perkalian itu ya sesuai urutan maka hasil akhirnya itu adalah 1.

sementara bila menggunakan scientific calculator yang mana perkalian ataupun pembagian itu selalu 'diproses' lebih dahulu dibandingkan penjumlahan ataupun pengurangan, maka hasil akhirnya itu adalah 12.

again, dalam hal ini matematika hanyalah sebagai contoh karena gua ingin membahas hal yang berbeda :p

seringkali mungkin secara sadar ataupun ngga, kita keukeuh hanya mau melihat dari sudut pandang kita sendiri aja tanpa mau mempertimbangkan melihat sesuatu itu dari sudut pandang orang lain yang mungkin saja berbeda dari kita, merasa diri kita yang paling benar tanpa mau berhenti sebentar dan berpikir bahwa orang lain itu mungkin ada benarnya juga lho.

terima kasih buat yang udah meng-upload foto di atas di fb karena telah memberikan gua 'sesuatu' untuk dipikirkan lebih lanjut dan menjadi semacam pengingat bahwa there's a little piece of truth even in lies.

*lho kok, kenapa kesimpulannya jadi seperti itu, ahahahahaha :p *

kamis 9/1 (11:38 pm)

0 raindrops:

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)