~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Monday, July 12, 2010

Spain The World Champion's Lesson(s)

Gambar diambil dari :
http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2010/7/11/1278884510393/Spains-captain-Iker-Casil-006.jpg


Topic starter : Senin, 12 Juli 2010 (10:44 pm)

Termasuk yang ngikutin Piala Dunia 2010? Kalo iya, pastinya tau donks siapa juara dunia di ajang persepakbolaan yang digelar 4 tahun sekali dan kali ini bertempat di Afrika Selatan.

Yupp.. it's none other than Spain yang mengalahkan Belanda dengan 1 gol ngga berbalas yang baru berhasil disarangkan oleh Iniesta di babak perpanjangan waktu karena di 90 menit pertama itu masing2 tim ngga mampu membongkar pertahanan lawan jadi harus puas dengan imbang tanpa gol.

Tapi gua ngga mau membahas dari sisi teknis karena udah beberapa tahun gua ngga lagi tertarik ama olahraga yang satu ini, ahahaha.. jadi ngga ngerasa perlu untuk bela2in bangun pagi demi untuk mendukung tim kesayangan ataupun mantengin hasil skor biar up to date ama siapa yang menang di pertandingan yang sedang berlangsung.

Untuk me-refresh ingatan dan sekaligus sebagai rekam jejak sepak terjang Spanyol yang akan gua bahas di postingan kali ini maka gua akan menuliskan skor2 pertandingan Spanyol dari laga pertama hingga final yang mana data diambil dari Google dengan keyword : Spain in World Cup 2010.

Spanyol-Swiss = 0-1
Spanyol-Honduras = 2-0
Spanyol-Cile = 2-1
Spanyol-Portugal = 1-0
Spanyol-Paraguay = 1-0
Spanyol-Jerman = 1-0
Spanyol-Belanda = 1-0

And gua pikir perjalanan Spanyol dari awal mula Piala Dunia 2010 hingga menjadi juara itu menarik untuk disimak.

Ada beberapa pelajaran yang gua dapatkan dari road to final yang harus dilalui oleh Spanyol.

Pertamaa..

Dalam kehidupan itu setiap dari kita pasti akan menemui yang namanya kegagalan, terkadang kegagalan itu terjadi di awal mula bangets dari perjalanan yang baru kita mulai.

Sama seperti Spanyol yang harus menyerah kalah dari Swiss di pertandingan pertama yang dilaluinya. Kalah sama Swiss githu lhoo.. kalo berbicara soal "harga diri" mungkin Spanyol pantas terluka karena Spanyol menyandang gelar sebagai juara bertahan Piala Eropa sedangkan Swiss itu bukan termasuk negara yang terkenal persepakbolaannya, liga Swiss mungkin hanya sayup2 terdengar aja.. sementara siapa sih yang ngga tau Real Madrid ataupun Barcelona yang ngga hanya fantastis menciptakan rekor2 transfer pemain dengan harga selangit namun klub2 tersebut juga mampu berbicara di ajang internasional!

Dan lagi Spanyol sebagai timnas, walau belum teruji namun perlahan2 mulai menunjukkan gigi dan merangsek menjadi tim yang mulai diperhitungkan lawan, terlebih setelah berhasil mengawinkan antara gelar Piala Eropa dan Piala Dunia maka kekuatan mereka ngga bisa lagi dipandang sebelah mata.

Namun nyatanya, Spanyol dipaksa menyerah di kaki pemain Swiss.

Dan ini shock therapy yang bagus sih buat Spanyol, untuk mengingatkan mereka bahwa ngga boleh memandang remeh lawan, siapapun yang mereka hadapi. Bagus mereka mendapatkan kekalahan ini di awal bangets karena kejadian ini juga membuktikan betapa mental juara mereka teruji.

Karena setelah kekalahan, mereka ngga down tapi tetap maju dan berusaha untuk menang di kesempatan berikutnya! Good for you, Spain!

Hal kedua adalahh..

Awal yang buruk ngga harus berakhir dengan buruk juga :p

Ambil contoh Spanyol. Memulai pertandingan dengan buruk namun berakhir dengan trophy kemenangan yang didambakan tiap peserta yang mengikuti ajang sepakbola akbar yang menyedot perhatian hampir sebagian besar masyarakat dunia!

Ketigaa..

Jatuhlah di saat yang tepat, tapi jangan terus berdiam diri ketika terjatuh tapi belajarlah untuk bangkit kembali dan berjalan dalam kemenangan!

Spanyol memilih saat yang "tepat" untuk kalah, karena kalahnya itu di babak grup jadi masih ada kesempatan untuk lanjut ke babak berikutnya.

Bandingkan dengan Jerman dan Belanda yang tampil impresif hampir di setiap pertandingan dengan memetik kemenangan demi kemenangan tapii.. mereka "kalah" di saat yang krusial yang mana kemenangan udah jadi hal mutlak untuk melaju ke babak selanjutnya ataupun untuk menjadi juara!

Contoh kekalahan paling menyesakkan itu mungkin dialami oleh timnas Belanda, karena mereka melaju sampai ke babak final itu dengan memetik kemenangan demi kemenangan tanpa pernah kalah! Tapii.. sekalinya kalah itu menyakitkan bangets karena kalahnya di final!

Ahahaha.. ternyataa.. untuk jatuh sekalipun, harus ada momen yang tepat yaa, hihihi :p

Keempat..

Lucu juga mengingat "konsistensi" itu adalah salah satu hal yang menurut gua perlu gua pelajari di tahun ini, and ngga nyangka bahwa "konsistensi" ini akan juga gua temui di Spanyol, wakakakak..

Spanyol boleh jadi tersendat2 dalam mencetak gol ke gawang lawan tapi satu hal yang patut diacungi jempol adalah bahwa selain pas melawan Swiss, Spanyol itu konsisten dalam mencetak gol, walau termasuk irit dan seringkali hanya menyarangkan satu gol aja, wakakakakak..

Tapii.. bukan grafik yang naik dan turun secara tajam yang dibilang bagus karena justru kalo perubahannya tajam githu maka bisa disimpulkan permainannya itu masih labil and belon stabil!

Ambil contoh orang dhee.. ngeri ngga sih berhubungan ama orang yang abis ketawa terbahak2 sampai perut terguncang2 lalu dalam hitungan detik dia menangis meraung2?!

Yaikss.. I'd better stay away dhe aww :p

Ambil contoh Jerman.. apa kurang impresif berhasil menghempaskan Inggris dengan skor 4-1 dan mempermalukan Argentina dengan 4 gol tanpa balas, tapii.. pas melawan Spanyol, Jerman paceklik gol sehingga terpaksa harus menyerah kalah dan kehilangan kesempatan untuk merebut tempat di babak final dan adios kesempatan untuk menjadi juara.

Dan hal kelima yang gua pelajari dari langkah Spanyol selama Piala Dunia 2010 ini adalah..

Hmm.. ngga tau kenapaa.. gua jadi kepikiran soal perjalanan iman kita dalam mengarungi kehidupan ini.

At the end of the dayy.. yang lebih penting itu bukanlah telah seberapa lama kita beribadah padaNya sepanjang hidup kita.. tapii.. lebih ke arah.. masihkah hati kita tertuju padaNya pada saat kita dipanggil untuk kembali menghadapNya?

Hati. Hati. Karena Tuhan melihat hati!

Secara fisik mungkin kita masih tetap rajin beribadah ke rumahNya, tapi masih tetapkah hati kita mencariNya setiap saat?

Karena gua melihat beberapa kejadian di sekitar gua yang mana telah beribadah selama sekian puluh tahun tapii.. satu demi satu mulai "terlepas" dan berpaling dari Tuhan yang selama ini telah senantiasa menyertai mereka sepanjang hidup mereka dari sejak dilahirkan sampai dengan saat ini.

I'm not saying kalo gua tau apa yang harus mereka lalui dalam hidup mereka, struggles apa aja yang harus mereka hadapi. And I'm not trying to judge or even tell them what to do..

Tapii.. dari apa yang gua liat itu menjadi semacam refleksi dan warning buat gua pribadi.

Whoaa.. Spain, ngga nyangka yaa.. kemenangan kalian itu bisa memberikan banyak pelajaran! Makasih lhoo..

And pastinyaa.. Congratulations on your winning lhoo!! ^o^

Topic ended : Senin, 12 Juli 2010 (11:34 pm)

-Indah-
the soul traveller

3 raindrops:

bridge said...

wah....hebat benerrrr euy.....pelajaran kehidupan yang sangat banyak yang bisa didapat dari prtandingan sepak bola.... not just about Paul the octopus... heheheh
Tapi emang bener sih... , jangan jadi lengah karena di atas terus, dan jangan cepat putus asa karena sempat terseok - seok dalam hidup...

-Indah- said...

Riaa.. ahahahaha.. iya, ngga tau kenapa tiba2 kemaren pas di kamar mandi jadi terlintas bahwa kemenangan Spanyol ini menarik untuk diperhatikan lebih seksama untuk ditarik pelajaran :p

elmoudy said...

saya adalah penggemar Spanyol..
Xavi.. inesta..Villa... Alonso.. Ramos.. Torres.. Pedro..Fabrecas..Pique..Puyol..Casillas..dkk... luar biasa..

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)