~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Tuesday, January 1, 2013

2012 : God Is (Still) In Control

Gambar diambil dari :
http://mom2howells.blogspot.com/2011/07/god-is-still-good-lyrics.html


Selasa 1/1 (10:07 pm)

Happy New Year 2013! Akhirnyaa.. ngga kesampean juga dhe nulis entri terakhir di tahun 2012, hahaha.. sebenernya bisa aja sih men-setting postingan ini jadi ke-publish di tanggal 31 Desember 2012, tapi dipikir2, buat apa juga yaa.. toh gua tau kalau gua nulisnya bukan di tanggal 31 :p

Anywayy.. sejak beberapa tahun belakangan, di hari2 terakhir di bulan Desember di tahun yang bersangkutan, gua suka mencoba merangkum kehidupan yang gua jalani di tahun berjalan ke dalam satu tema besar.

Tahun ini gua kesulitan menetapkan tema-nya, hahaha.. bukan karena ada banyak kejadian penting yang patut direkam jejaknya atau membawa perubahan besar, tapi justru karena banyak hal yang terasa stagnan, ehh.. sebetulnya itu bisa menjadi tema juga sih, hahaha.. tapi berasa kurang pas aja sih.

Sempat mau menjadikan 2012 sebagai The Year of Changes, karena ada beberapa perubahan tapi dipikir2 perubahannya ngga langsung ngefek juga sih ke gua, walau yaahh.. tetap sedih sih karena apa yang dulu pernah bersatu, dalam kurun waktu berdekatan justru 2 harus terpisah :(

Sekian jam menjelang pergantian tahun, tiba2 aja ada satu hal yang melintas, untungnya keburu gua tangkap and setelah dipikir2 dan direnungkan sambil kilas balik mengenai perjalanan hidup gua selama 360 harian ke belakang, tema yang satu ini sepertinya 'pas' bener.

So, I've decided that the theme of my life in 2012 is.. "God is (still) in control", iyaa.. Tuhan masih tetap memegang kendali, walau kadang mungkin gua merasa bahwa apa yang terjadi pada gua itu seolah luput dari perhatianNya, but from time to time I'm reminded how no matter what.. He is still and always will be in control!

Tahun ini gua lumayan merasa kehilangan arah. Di saat yang lain bersemangat melakukan sesuatu, gua malah sama sekali ngga bisa berkonsentrasi melakukannya. Semakin gua berusaha berjalan ke arah itu, semakin gua berpaling dan berjalan ke arah yang lain.

Gua udah sering bangets denger bahwa terkadang kita harus memaksakan diri melakukan sesuatu karena bila udah dijalani biasanya akan terasa lebih mudah, dan tidak seharusnya membiarkan mood menguasai diri tapi kita lah yang harus menundukkan dan menaklukkan si mood ini supaya ngga semena2 merusakkan segala rencana yang udah tersusun rapi. Tapi again, gua masih juga kalah. 

Tahun 2012 jelas bukan tahun produktif gua, beberapa kali ditanyakan dan diingatkan oleh seseorang dan gua hanya bisa tertunduk malu karena sama sekali tidak menghasilkan karya apapun :p

Kebaktian terakhir di tahun 2012 lalu yang jatuh di hari Minggu, 30 Desember 2012 itu kurang lebih membawa gua menuju pada pemilihan tema ini untuk hidup gua di tahun 2012. 

Lagu2 yang dinyanyikan itu selaras dengan pesan yang disampaikan dalam khotbah. Sampai saat ini, apakah hal yang terutama di dalam hidup gua? Sudahkah gua menaruh prioritas yang tepat di posisi pertama of things to do? Lalu kalau gua meluangkan waktu untuk menyelidiki hati gua, apakah yang akan gua temukan di sana? Sudahkah sesuai dengan apa yang Tuhan mau? Apakah Dia akan menemukan apa yang dicariNya?


Selidiki aku, lihat hatiku
Apakah ku sungguh mengasihiMu, Yesus?
Kau Yang Maha Tahu dan menilai hidupku
Tak ada yang tersembunyi bagiMu

Telah kulihat kebaikanMu
Yang tak pernah habis di hidupku
Ku berjuang sampai akhirnya
Kau dapati aku tetap setia

Lagu itu kurang lebih mengingatkan gua akan lagu lain yang belakangan juga berkumandang keras dalam kepala gua seakan menjadi pengingat bahwa ketika gua sedang merasa terpuruk sekalipun, hal itu ngga akan bisa menghapus kenyataan bahwa dalam hidup gua itu, sudah ada banyak kebaikan yang Tuhan berikan.


Kunaikkan syukurku buat hari yang Kau beri
Tak habis-habisnya kasih dan rahmatMu
Selalu baru dan tak pernah terlambat pertolonganMu
Besar setiaMu di sepanjang hidupku

God is still in control.. walau terkadang gua mungkin merasa Dia hanya diam saja dan membiarkan sesuatu terjadi dalam hidup gua.

God is still in control.. walau banyak hal yang berjalan di luar jalur yang gua inginkan, ketika harapan dan doa tak kunjung mendapat jawaban.

God is still in control.. walau impian belum juga terwujud dan malah terasa menjauh seiring berlalunya waktu.

God is still in control.. 

Dan renungan pagi tadi yang gua dengar di chanel Life dalam acara "Enjoying Everyday Life" with Joyce Meyer seakan mempertegas hal itu.

If you do what you can do, and He will do what you cannot do.. if you do when you can do, you'll find yourself running into a whole bunch of miracles in your life (Joyce Meyer).

Tuhan mengijinkan badai terjadi dalam hidup kita karena Dia tau badai itu akan membuat kita lebih kuat dan membawa kebaikan dalam hidup kita. 

Komen temen gua di beberapa postingan lalu dan juga analogi tentang manusia yang hidup bagaikan dalam akuarium raksasa itu semakin memperjelas statement bahwa Tuhan itu masih memegang kendali, walau mungkin kadang kita merasa kita yang memegang setirnya.

Goodbye, 2012.. good or bad, semuanya sekarang ini udah ada di masa lalu dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengubahnya, terima kasih atas semua hal yang terjadi.. akan setiap perjumpaan dan perpisahan.. atas setiap tawa dan canda yang mengimbangi tangis dan airmata.

Isn't it such a comfort to know that He is still in control? ;)

Terima kasih, Tuhan, atas semua penyertaanMu selama satu tahun terakhir.. atas semua perlindunganMu yang menjauhkan saya dari marabahaya.. atas semua kesabaranMu dan belas kasihMu dalam hidup saya.. atas semua hal yang Engkau ijinkan saya alami hingga mendapatkan kesimpulan yang membuat saya sedikit lebih mengenal dan mengerti diriMu.

2013 baru saja dimulai ya, Tuhan.. masih jauh perjalanan yang harus saya hadapi di tahun ini. Bimbinglah saya ya, Tuhan.. tunjukkanlah jalan mana yang harus saya tempuh.. dan jagalah juga keluarga saya ya, Tuhan.. berikan kesehatan dan kekuatan serta kesabaran dan ketabahan..

Terima kasih, Tuhan..

Selasa 1/1 (10:57 pm)

-Indah-

1 raindrops:

Miss G said...

Happy Nu yer Indah! Yeps, God is still in control itu bener banget. Bagi gw setelah kontemplasi gw baru nyadar bahwa, gw yg seringkali did not let Him rule. Gw seringkali ngambil alih kendali, padahal sih gw nggak tau juga where to go or what to do. So utk thn 2013 ini, prinsip gw adalah: melepaskan seluruh kendali dan biarkan Dia yg memutuskan apa yg terbaik.

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)