~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Tuesday, May 7, 2013

Law & Order SVU + The Secret Millionaire -> Different Series, The (Quite The) Same Message

picture is taken from :


selasa 7/5 (3:44 pm)

haaaii, my30s tersayang, lama tak bersuoo, ahahahaha.. karena kemaren ini kompie sempet bermasalah hingga ngga bisa dinyalain plus pas udah nyala disibukkan ama urusan buat ngupload foto 'dagangan' and bungkus2 pesanan, jadilah nih blog rada terbengkalai dhe :p

untuk edisi perdana setelah lama 'puasa' nulis postingan, gua akan menuliskan postingan mengenai 'pesan' yang kurang lebih isinya sama walau gua dapatkan dari 2 tayangan yang berbeda.

yang pertama itu dari seri "law & order svu" sementara satunya lagi dari tayangan "the secret millionaire".

pertama bahas yang dari law & order dulu dhe. "law & order svu" adalah perluasan seri dari "law & order" yang sukses bener di negara asalnya sana jadi musim demi musim berlalu, masih aja nih seri tetap tayang bahkan keluar versi uk-nya pula. anywayy.. svu sendiri itu adalah singkatan dari 'special victims unit' yang mana kayanya sih kebanyakan kasusnya itu seputar pemerkosaan githu.

dalam salah satu tayangan, gua cuman nonton menjelang akhir sih. jadi biasanya khan para detektif itu mencari tahu siapa pelaku pemerkosaan lalu akan menyerahkannya ke jaksa penuntut untuk diajukan ke sidang dan diproses dari segi hukum.

salah satu jaksa penuntut yang sering nongol adalah casey (yang juga pernah nongol sebagai agen borin di serial ncis). berbeda dengan biasanya, di kasus yang sedang ditangani ini, casey malah cenderung 'membela' terdakwa yang membuat terdakwa itu akhirnya batal dijatuhi hukuman mati dan 'hanya' dihukum dengan mengirimkannya ke pusat rehabilitasi mental karena terdakwa ini menurut casey mempunyai gangguan saraf yang membuatnya tidak bisa mengendalikan napsu dan membuatnya memperkosa banyak gadis untuk melampiaskan napsunya itu.

anyway, jelas tindakan casey ini melanggar sumpahnya sebagai jaksa penuntut yang membuatnya terkena skors selama setahun. selidik punya selidik, ternyata masa lalu casey lah yang membuatnya jadi terlihat 'membela' terdakwa, karena casey dulunya juga pernah diperkosa oleh pacarnya, pacar yang juga mengalami gangguan saraf tapi karena tidak sempat mendapatkan pengobatan yang memadai, hingga sampai akhir hayatnya, pacarnya itu tidak pernah benar2 sembuh.

sehabis mendapatkan skors, casey mengunjungi terdakwa yang berhasil 'diselamatkannya' dari hukuman mati. casey berpikir bahwa ia menolong orang itu, tapi ngga disangka, si 'terdakwa' itu malah bilang ke casey kalau lebih baik dia mati saja daripada harus menjalani hidup dengan menyadari apa yang telah dilakukannya terhadap para gadis itu, belum lagi akibat perbuatannya terhadap mereka.

sebelum gua membahas lebih lanjut mengenai 'pesan' dari seri ini, mari gua ajak kalian beralih sejenak ke serial "the secret millionaire" dan bertemu dengan sang jutawan rahasia yang walaupun usahanya itu udah bernilai belasan bahkan puluhan juta poundsterling, gaya hidupnya tetaplah sederhana.

masa kecil sang jutawan tidaklah bisa dibilang mudah. hidup dengan ayah alkoholik membuat senyuman di wajah anak2nya menghilang. satu2nya penghiburan baginya adalah saat menghabiskan liburan di rumah kakeknya. suatu hari, sang ayah alkoholik sang jutawan pun mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.  walaupun puluhan tahun telah berlalu, sang anak masih belum sepenuhnya bisa memaafkan perbuatan ayahnya itu. menurutnya, ayahnya itu egois karena sama sekali tidak memikirkan tentang kehidupan macam apa yang harus ia dan ibunya jalani sepeninggalnya.

misi sang jutawan rahasia untuk membantu organisasi2 yang memerlukan uluran tangan justru membuatnya bisa memahami apa yang mungkin dialami oleh ayahnya. di salah satu organisasi yang diikutinya selama sepekan, sang jutawan rahasia bertemu dengan mantan alkoholik yang masih mempunyai kesempatan untuk 'bertobat' dan menjalani kehidupan 'normal'.

ketika ia menceritakan pengalamannya, sang jutawan rahasia seakan merasa dibawa menelusuri perang 'pikiran' dalam benak ayahnya. menurut mantan alkoholik itu, alkohol adalah 'sarana' untuk melarikan diri dari kenyataan hidup yang seringkali tidak sesuai dengan harapan.

dengan menenggak liter demi liter alkohol, mereka akan masuk ke dalam dunia 'ilusi' yang mana segalanya itu terlihat baik2 saja, mereka tidak perlu mengkuatirkan tentang apapun juga, selain persediaan minuman keras untuk mengisi perut mereka.

barulah ketika mereka memutuskan untuk meninggalkan dunia penuh minuman itu, 'masalah' baru muncul, karena mereka tidak lagi bisa 'bersembunyi' di balik alkohol, mau tak mau mereka terpaksa berhadapan dengan kenyataan dan melihat akibat perbuatan mereka terhadap orang2 yang mereka sayangi. hal2 ini yang seringkali membuat para alkoholik yang berusaha 'tobat' menjadi tidak tahan, karena gelombang penyesalan demi penyesalan yang terus mendera membuat mereka akhirnya memutuskan untuk mengakhiri rasa sakit itu dengan bunuh diri.

sekarang, mari kita lihat kesamaan 'pesan' dari kedua serial ini, haha.. bisa nangkap maksudnya? :D

menurut gua, ini hal yang menarik. most of us mungkin punya semacam 'comfort food', sebagai tempat pelarian di kala kita mengalami kegundahan, yang awalnya cuman jadi tempat 'pelarian' sementara tapi lama2 malah jadi ketagihan untuk pergi ke sana dan menjadikannya sebagai tempat permanen, 'bersembunyi' dari kerasnya kehidupan dan 'kepahitan' serta realita yang seringkali tidak terasa menyenangkan.

ketika kita 'ditarik' keluar secara paksa dari tempat persembunyian dan harus berhadapan langsung dengan hal2 yang selama ini kita hindari, tanpa dukungan dari orang2 di sekitar, seringkali banyak yang akhirnya akan kembali jatuh ke dalam 'lubang' yang sama. 

memang susah untuk tetap bertahan 'menemani' mereka yang memiliki 'kecanduan' terhadap sesuatu, terlebih kalau mereka udah mulai main fisik dan ngga hanya melontarkan caci maki semata. tapi when we truly care with those people, tetaplah setia mendampinginya dalam menjalani masa2 'pemulihan' yang seringkali merupakan persimpangan jalan buat orang tersebut, apakah dia akan seterusnya melanjutkan perjalanan di jalur yang 'benar', atau malah balik badan untuk kemudian berlari kembali ke tempat yang telah ditinggalkannya.

sooner or later, we all must face the consequences of our actions, like it or not. tetaplah berjuang. dan bertahanlah sampai akhir..

selasa 7/5 (4:22 pm)

-Indah-

2 raindrops:

Sang Cerpenis bercerita said...

pantesan dikau gak keliatan di fb. hehhee...rupanya kompi lagi bermasalah.

-Indah- said...

haha, iyaa.. saking lamanya nih kompie bermasalah, dari awalnya kangeeen bangets mau ngeblog ehh kok akhirnya pas kompie udah beres, malah bingung apa yang mau diceritain, hahaha :))

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)