~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Monday, April 2, 2012

Books : How To Be A Writer - Primadonna Angela

Gambar diambil dari : koleksi buku pribadi
"How To Be A Writer" by Primadonna Angela
Gramedia Pustaka Utama
Februari 2012
Cover : maryna_design@yahoo.com
Layout isi & ilustrasi : eMTe
232 halaman, 20 cm
ISBN : 978-979-22-7983-2


Kamis 29/3 (4:59 am)


Zoya asli lagi sebel bangets ma yang namanya Bu Selma, guru pengganti Bu Molly yang sedang cuti melahirkan itu asli bikin Zoya uring2an!


Bagaimana tidak, Zoya yang selama ini selalu disanjung puji Bu Molly, Guru Bahasa Indonesia-nya mengenai kemampuannya merangkai kata, kini harus menghadapi kenyataan pahit ketika Bu Selma mengembalikan karangannya sambil memberi catatan : "Tema dan ide sudah menarik tapi karakter terlalu dangkal dan tidak realistis"!


Huh, tau apa sih Bu Selma tentang dunia menulis? Beraninya dia memberi komentar seperti itu?!


Zoya marah, impiannya hancur berantakan, harga dirinya terusik dan rasa percaya dirinya terguncang. Komentar dari Bu Selma itu mau tidak mau membuatnya mempertanyakan tulisannya selama ini, apa benar apa yang dikatakan Bu Selma? 


Padahal Zoya udah ngarep bangets bisa jadi penulis beken seperti Andita Letta, idolanya. Menurut Zoya, Andita Letta itu penulis yang menghibur sekaligus ada pesan moralnya. Pokoknya di mata Zoya, Andita Letta itu keren bangets dhe, pasti orangnya itu humoris, keren, anggun, gaya dan cerdas. Plus, pasti dia sosialita juga soalnya sering bangets ngebahas kehidupan kaum jetset di ceritanya.


Huaa.. Zoya juga mau donks aww kaya dia! Bisa ngga ya? Terus ketika Zoya ikut acara jumpa temu fans dengan penulis idolanya itu, apa iya Andita Letta itu seperti apa yang selama ini selalu dibayangkannya? Padahal Bu Selma bilang, "You are not what you write", apa maksud itu, Buu?


Untuk mengetahui jawabannya, silahkan baca sendiri novel "How To Be A Writer" karya Primadonna Angela ini, psstt.. ini merupakan buku kedua puluhnya dia lhoo, wow!


Yupp.. novel "How To Be A Writer" ini mantaps dhe, tidak hanya cara penyampaiannya tapi juga isinya boo.. Terbagi atas 2 bagian, dua2nya sama2 tentang "How To Be A Writer", satu disajikan dalam bentuk fiksi tentang si Zoya seperti yang gua ceritain di atas, satunya lagi non fiksi yang akan gua bahas sebentar lagi.


Cerita Zoya sendiri walau merupakan fiksi, tapi dari sub judulnya aja sebenernya ngasih tau kita juga tentang tahapan2 dalam membuat suatu karya tulis.


Ngga percaya? Nih, simak dhe sub judul "How To Be A Writer" versi fiksi.


- harus mulai dari mana?
- kesempatan untuk memulai sesuatu yang berbeda?
- mulai dari yang kauketahui
- menikmati menulis
- kesan pertama itu menentukan
- terkadang semua ngga berjalan sesuai kerangka
- ngadat deh!
- trial & error
- menulis itu harus jelas  untuk siapa
- if you really want something, then it is your sacred duty to pursue it, and try your best at succeeding
- you are not what you write


Nah khan.. semuanya itu merupakan tahapan2 yang harus dimengerti dalam menulis juga, iya khan? Tapi disajikannya dalam bentuk fiksi dengan tokoh utama bernama Zoya, keren khan? :D


Sementara untuk bagian non fiksinya, sang pengarang sendiri, dalam hal ini Primadonna Angela, membebaskan kita membacanya boleh urut ataupun cari aja bagian yang memang kita butuhkan dan mulai dari sana.


Berikut yang bisa dikulik dari sesi non fiksi :


- awali dengan niat
- cari tahu motivasimu
- menulis sebagai hobi atau profesi
- apa yang ingin kamu sampaikan
- menggagas ide
- ciptakan zona nyamanmu
- mulai dengan ide yang solid
- ayo menulis!
- latar
- karakter
- konflik
- show, don't tell
- akhiri dengan manis
- mengatasi writer's blockitis
- menerbitkan naskah


Di samping itu juga ada tips menulis, kesimpulan, bagian penutup dan profil pengarang.


Buku setebal 232 halaman ini dijamin bakal bikin kenyang karena font-nya itu lebih kecil dari biasanya plus materinya sendiri itu padat.


Diharapkan kalo kamu mempraktekkan petunjuk2 yang ada di buku ini, menghasilkan karya tulis berupa novel bukan lagi sekedar impian belaka namun bisa menjadi kenyataan, cihuyy ^o^


Soo.. what are you waiting for? Grab this book and start reading dan setelahnya tentu saja harus mulai menulis donks aww, hahahaha.. karena apa yang mau diterbitin kalo tulisannya aja ngga ada?! :p


Satu pesan dari Donna, "There is NO corret way to write. If you write using a certain way and it works, then perhaps it's the BEST way for you!"


Nah, setiap pengarang itu mempunyai keunikan mereka sendiri, jadi tugas setiap dari kita untuk mencari tahu apa sih keunikan menulis yang kita miliki? Karena kalau soal ide, tema, alur dllsb, huaahh.. dijamin dhe ngga ada satupun yang bener2 baru!


Seperti kata Raja Salomo, "there's nothing new under the sun", percaya aja dhe, dia itu orang paling bijaksana lhoo, hihihi :))


Happy reading, happy writing and happy seeing your books being published ^o^


Kamis 29/3 (5:26 am)


-Indah-

3 raindrops:

G said...

Hihihi... Yoi, memang bener, nggak ada yang baru, semuanya daur ulang dari yang sudah pernah ada ^^ Cuma, disesuaikan dengan jaman yang sedang berjalan dan isu-isu yang lagi ngetren pada saat tulisan tersebut dibuat.

Jyaaah, kenapa gw jadi ngebahas itu ya yang panjang gitu.

Pinjeeeemmmm dooong bukunyaaaa... Atau gw beli aja deh, wkwkwkwk, biar bisa gw corat-coret :p Ini terbitan Gramedia kah?

Endah Raharjo said...

Kapan nih jadi nyelesaikan yg materi workshop ituuu... :) itu ilustrasinya cantik, nulis sambil ngemil... kalo saban nulis dikelilingi kue kyk gitu, kapan nulisnya yaaa... wuahahahaa...

-Indah- said...

G.. boleh ajaa, kalo elo jadi minjem nanti tanggal 14 gua bawain, gimana?

Mbak Endah.. hahahaha, nulisnya kalo camilannya udah abis semuaa =)) *itu juga kalo kaga tergoda untuk mencari camilan lainnya :p*

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)