~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Wednesday, September 26, 2012

QoD : Gratis! How Far Will You Go?

Gambar diambil dari :
koleksi pribadi touchnote



Rabu 26/9 (9:26 am)

Sekitar bulan Agustus kemaren sampai dengan menjelang tengah bulan September, para penggila kartu pos bisa berpuas diri dalam mengirim maupun menerima kartu pos secara gratis melalui layanan cetak foto menjadi postcard yang disediakan oleh situs Touchnote, disponsori oleh Samsung dalam rangka Olimpiade 2012 di London. 

Sampai dengan akhir Agustus, pengiriman kartu pos secara gratis ini bisa dinikmati via web sementara memasuki September, promo dilanjutkan melalui aplikasi di FB.

Gimana caranya mengirimkan kartu pos gratis ini? Gampaaang bangets, hanya perlu mendaftarkan alamat e-mail dan password untuk login ke situs lalu tinggal pilih dhe gambar yang mau dijadikan kartu pos, tersedia juga beberapa gambar sehubungan dengan Olimpiade, tapi kalo ngga ada yang sreg maka bisa milih mengupload gambar kita sendiri untuk kemudian nanti akan di-print oleh Touchnote dan dikirimkan ke alamat penerima :D

Saking gampangnyaa.. bikin semangat bangets dhe dalam mengirim2kan kartu gratisan ini, ahahahaha.. kapan lagi coba bisa "mencetak" gambar hasil jepretan pribadi dalam wujud kartu pos ;) Jadilah gua ngubek2 koleksi foto yang ada di folder kompie terus upload gambar2 itu di situs dan mengirimkannya ke berbagai penjuru dunia.

It was fuunn.. so much fun.. it was like sharing a piece of your everyday life with someone who lives in another part of the world :D

Beragam jenis makanan dikirimkan dengan tujuan membuat penerimanya ngiler melihat tuh gambar, ahahahaha :p Terus juga objek2 wisata yang jarang bangets bisa ditemukan dalam bentuk kartu pos, semisal jembatan merah di Kebon Raya Bogor, terus pohon gede yang juga ada di Kebon Raya Bogor, atau hewan2 yang ditemui di pinggir jalan seperti kambing2 nan lucu yang dengan sukarela berpose dengan manisnya ketika gua mengabadikan mereka dalam jepretan kamera, ahahahaha :p

Salah satu hal yang menjadikan acara berkirim kartu pos gratis ini fun, setidaknya menurut gua, adalah karena apa yaa, serasa balik ke spirit awal ketika join Postcrossing, di mana mengirimkan kartu pos random pada seseorang dengan harapan mereka akan menyukai apa yang diterima dan juga bersiap2 menerima kejutan dari kartu pos yang dikirimkan ke alamat kita :D

Spirit ituu.. mulai luntur ketika promo web berakhir dan para pemburu gratisan ini mulai merambah aplikasi FB untuk tetap memanfaatkan momen berkirim kartu pos gratis :D

Entahlahh.. semangat gua langsung nguap begitu musti pindah ke FB buat tetap bisa bergratis2 riaa.. terlebih setelah group Postcrossing mulai dibanjiri oleh penawaran image untuk dikirim via Touchnote. 

Gua rasa kentalnya aura "demanding"nya itu yang membuat gua merasa tercekik dan memutuskan untuk ngga ikutan terjun ke dalam euphorianya, ahahahaha :p

Temen gua ada yang nanya, "Kenapa sih elo kaga mau nerusin 'swap' cards via Touchnote?".

Gua bilang ke dia kalo gua ngga ngerasa nyaman "mendaftarkan" alamat gua di FB secara 'publik', padahal dipikir2 khan selama ini juga bertukar alamat via inbox, ahahahaha.. tapi ya itu berasa ngga nyaman aja sih jadi gua memutuskan untuk ngga memaksakan diri hanya demi gratisan.

Dan entahlah, kayanya gua ngerasa dari komentar2nya dia itu jadi berasa kalo menurut dia, gua itu bodoh karena ngga memanfaatkan momen secara gratisan, ahahahaha :))

Abis gimana yaa? In some ways, fenomena Touchnote itu terus terang gua rasa membangkitkan sisi 'rakus' dalam diri gua, ahahaha.. kayanya tuh yaa mentang2 gratis maka pengennya ngirim mulu ke sana sini tanpa banyak mikir.. and I hate that part of me, jadi buat apa gua terus melakukan hal yang membuat gua bisa jadi semakin membenci sisi diri gua khan? ;)

Pada akhirnya gua rasa semua balik lagi ke masalah prinsip sih :D Lucu aja rasanya di antara bejibunnya postingan mengenai Touchnote, ada satu atau dua komentar maupun postingan terpisah yang menanyakan soal copyrights dari gambar yang dikirimkan via Touchnote tapi sedemikian banyaknya pasang mata yang gua rasa turut membaca tapi memutuskan untuk mengabaikannya hanya demi nama "gratis" :p

Tentu aja gua juga sempet mengupload beberapa gambar yang gua comot dari internet, ahahaha, di antaranya itu gambar Candy2 di atas yang gua sukaa bangets ngeliatnya karena di situ si Candy terlihat playful, cute and menggemaskan :D Tapi dari sekitar 200an kartu Touchnote yang gua kirim via web, kayanya ngga sampai 20 dhe gambar yang gua ambil dari internet sementara sisanya gua ngerasa lebih nyaman mengirimkan hasil jepretan gua sendiri ataupun gambar2 yang gua buat :)

Kenapa? Karena deep down inside gua rasa setiap dari kita tahu bahwa gambar2 yang bisa dengan bebasnya didapatkan via internet itu sebenernya adalah milik seseorang, yang seharusnya ngga boleh semena2 main diambil begitu saja tanpa merasa perlu meminta ijin pada sang pemiliknya untuk kemudian kita sebar luaskan ke sana sini.

So, gratis? Seberapa jauh elo rela bertindak demi mendapatkannya? ;) Mengutip kata Deddy Corbuzier (duhh, Oom, nama bribets amat sih, haha, jadi maap2 yaa kalo salah nulisnya :p), "that's the question of life!" :))

Rabu 26/9 (9:54 am)

-Indah-

1 raindrops:

Ria Tumimomor said...

owh, masih ada yg gratisan? gue kria udah kudu bayar

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)