~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Tuesday, November 27, 2012

Cooking : Sup Kentang Bawang

Gambar diambil dari :
koleksi foto pribadi


Selasa 27/11 (6:15 pm)

Belakangan gua lagi demen masak, walaupun masakannya jelas yang sederhana aja lah, hahahaha.. and karena lagi demen ama kentang bayam bertepung, gua jadi mulai suka sama kentang, dan ini merupakan kemajuan, haha.. karena biasanya satu2nya kentang yang gua suka itu adalah kentang goreng sementara kentang2 lainnya, walau dimasak bersama bahan lainnya, tetap aja buat gua rasanya tawar githu dhe :p

Anywayy.. selain kentang, belakangan ini gua lagi penasaran bangets ama yang namanyaa.. labu! Huahahahaha.. and guess what, dalam satu kunjungan ke supermarket akhirnya gua ngga tahan untuk ngga bawa pulang satu buah utuh labu kabocha merah :)) What am I going to do with that? It's only a mystery, hahahaha..

Minggu lalu udah bertekad kuat bakal memasak tuh labu, jadilah sepulang gereja gua langsung ke Superindo buat membeli bahan2 makanan yang kira2 cocok ama si labu ini. 

Yang gua beli antara lain : dada ayam filet, udang, bayam, kentang, bawang merah putih, bawang bombai, dan penyedap makanan rasa ayam dan sapi. Ohh, ga lupa gua juga beli daun bawang, naahh.. ini juga salah satu 'keanehan', ahahahaha.. karena biasanya kalau beli bakso terus dikasih daun bawang seledri githu, biasanya selalu gua sisihkan sambil ngomel2, kecuali kalo udah laper bangets ya terpaksa lah mau ngga mau ditelan aja, hahahaha :))

Anywayy.. ternyata masih belon berjodoh untuk masak tuh labu karena labunya gua simpen di kamar nyokap, and biasanya gua itu ngambil kunci kamar nyokap sebelon berangkat ke gereja tapi Minggu pagi itu gua kelupaan so pas gua pulang, kamar nyokap dalam keadaan terkunci, hikss.. Ohh, kabocha-ku, tampaknya dikau masih harus ngendon lebih lama tanpa disentuh :p

Tapi berhubung semangat masak lagi tinggi, jadilah gua pengen bikin kentang bayam bertepung lagi, sekalian pengen bikin sup kentang, karena asyik khan kalau makan sup yang kental2 githu, mana lagi sering ujan, kalau makan yang anget2 githu khan berasa gimanaa githu.

Resepnya? Pakai aja bahan yang tersedia, hahahaha.. karena lagi males browsing resep, so beginilah cara gua memasak si sup kentang bawang :D

1. Rebus kentang (masih sama kulitnya) hingga lunak, air rebusan gua kasih garam, walau ngga ngefek2 amat juga sih, hahaha, karena garamnya nempel di kulit kentang :p Setelah kentangnya lunak, kupas kulitnya dan lumatkan.

2. Potong ayam dan udang kecil2 (tentu saja udangnya udah dibuang kepala dan kulitnya donks aww ;p) lalu tumis dengan mentega hingga ayam setengah matang dan udangnya berubah warna menjadi kemerahan, ngga perlu sampai matang2 amat karena masih akan diproses lebih lanjut.

3. Potong bawang bombai kecil2 bentuk dadu, lalu daun bawangnya juga dipotong kecil, masukkan ke dalam penggorengan untuk nyampur bersama si udang dan ayam, aduk terus hingga bawangnya layu baru tambahkan air dan beri bumbu penyedap rasa ayam.

4. Masukkan kentang rebus yang telah dilumatkan lalu aduk2 hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

5. Tadaa.. sup kentang bawang pun siap untuk disantap, yummyy *slurrpp* :q

Hasilnya? Well, gua ngga bisa mencapai kehalusan tekstur seperti yang gua harapkan, hahahaha.. tapi soal rasa sih boleh laahh, walau agak sedikit keasinan :p Tapi justru pas untuk dimakan bareng kentang bayam bertepung yang secara misterius menjadi kurang rasa kalau ngga dimakan bareng sup kentangnya, ahahahahaha :))

Setelahnya gua nonton2 acara masak lagi and jadi mikir, apa itu sup kentang bisa sampai lumat dan lembut bangets itu apa karena diblender ya? Soalnya di acara River Cottage, si Hugh pas bikin sup bit merah sama sup kacang itu setelah diaduk2 dalam panci, kedua sup tersebut dimasukkan ke dalam blender and jadinya emang halus bangets :D

Perlu dicoba lain kali, tapi hmm.. itu blender yang sama dengan yang buat ngejuice bukan yaa? Ahahahahaha..

Next cooking, labuu.. hari ini masih belon berjodoh juga padahal udah penuh semangat merebus kentang dan gua tinggal karena airnya khan banyak tuh, tau2 pas gua cek lagi, ehh.. kompornya mati karena kehabisan gas! Yaikkss.. ada apa sih dengan dirimu ohh, Kabocha! Bilang ajee kali kalau ngga pengen dimakan, ahahahahahaha :p

Selasa 27/11 (6:29 pm)

-Indah-

0 raindrops:

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)