~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Monday, March 26, 2012

Spices of Life : Eka Situmorang-Sir

Gambar diambil dari : koleksi pribadi Eka


Eka Situmorang Sir, bagi mereka yang aktif bersosialisasi via jejaring sosial, nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi.


Bagi mereka yang mengenalnya secara langsung maupun yang bersua dan bertegur sapa via dunia maya, sulit rasanya jika diminta mendefinisikan Eka hanya dalam 1 kata.


Karena let's see, kata apa yang bisa digunakan untuk menggambarkan Eka? Bersemangat. Ceria. Ramah. Smart. Perhatian. Setia kawan (ya ya ya, itu dua kata sih, haha, tapi cueks aahh :p). Periang. Baik. Petualang. Bertanggung-jawab. Berdedikasi.


Naahh.. udah ada segitu banyak kata aja, masih belon bisa dengan tepat menggambarkan seorang Eka karena dijamin dhe, Eka is a looott more than that!


Lupa dhe kapan tepatnya pertama kali mengenal Eka, apakah melalui blognya atau karena game Pet Society di FB, hahaha.. pastinya udah sekian tahun berlalu tapi baru bener2 bertatap muka itu di tanggal 26 November 2011 lalu pas Eka menjadi salah satu pembicara di Workshop Menulisnya Kampung Fiksi.


Bagi mereka yang mengenal Eka di dunia blogging, kesan yang tertangkap melalui postingan Eka tidak jauh berbeda dengan Eka in person. Sometimes khan ada tuh yang di blog berapi2 gimana tapi pas ketemu langsung eh ternyata orangnya amat sangat kalem lhoo, hihihi..


Naahh.. Eka ini sama bersemangatnya dalam ngeblog ataupun pas ketemu langsung. Dia itu bisa membuat suasana menjadi 'hidup' :D


"Spices of Life" kali ini berkesempatan melakukan wawancara dengan Eka, di mana ia akan berbagi pandangan secara umum tentang kehidupan dan hal2 apa yang termasuk dalam kategori "menikmati hidup" versinya.


Yukk, kita simak sama2 tanya jawab berikut ini ;)


~.*.~


Eka identik dengan sibuk, karena ada banyak sekali kegiatan yang dilakoni dalam mengisi hari demi hari. Bisa digambarkan akhir pekan ideal versi kamu?


Akhir Pekan ideal? Hmm apa ya? Gak masalah acaranya apa atau di mana, yang penting sih bisa quality time sama suami, itu akhir pekan yang ideal hehe ^_^


*bukan tentang melakukan apa, tapi dengan siapa :D ayy.. jawaban yang mantaps!*


Lanjutkan kalimat berikut, "Hidup itu.."?


Hidup itu Tanggung Jawab


Gimana awal mulanya terjun ke dunia blog? Dan bagaimana dalam waktu yang relatif singkat bisa mengumpulkan sekian banyak pengunjung tetap?


Awal ngeblog karena disuruh-suruh teman yang gemas lihat notes-notes saya berserakan di FB, akhirnya buat blog deh. Hmm gak pernah berencana mengumpulkan pengunjung, saya cuma menulis lalu bisa kenalan sama banyak orang :)


*menulislah karena ingin menulis, hal2 lainnya itu bonus ;)*


Ada alasan di balik pemilihan "Each day is a new life. Seize it. Live it." sebagai judul blog kamu?


Tentu saja ada :) That tag line is a reminder for me to enjoy my life day by day and write it before I forget :D


*penting juga buat diingat nih*


Hal2 apa yang senang kamu bagikan lewat blog? Adakah postingan2 tertentu yang mengandung pesan khusus yang ingin kamu sampaikan untuk pembaca blog kamu?


Seringnya cerita tentang kehidupan sehari-hari juga perjalanan wisata atau kuliner kalau saya habis bepergian, gak ada hal khusus sih. Tapi yang pasti saya inginnya yang mampir baca blog itu bisa meninggalkan blog dengan senyum dan senang hati karena mendapatkan insight baru atau apalah ;)


*ayoo, mampir ke blognya Eka dan buktikan sendiri bahwa kamu memang bisa mendapatkan 'sesuatu' sehabis singgah di sana ;)*


Apa manfaat blogging buat kamu?


Whooaaa banyak banget! Yang pasti nambah teman tapi yang paling penting menulis itu buat saya terapi jiwa.


Di samping kelebihan, tentunya ngeblog itu punya efek negatif tersendiri. Pernah ngerasain sesuatu yang ngga mengenakkan berkaitan dengan dunia blog dan bagaimana cara mengatasinya?


Pernah, kebanyakan ngeblog sampe lupa ngapa-ngapain :D abis itu bikin jadwal aja supaya dunia online dan offline tetap bisa sejalan.


*kalau saya mah ngegame itu yang bikin lupa ngapa-ngapain :))*


Banyak yang memilih untuk memisahkan antara dunia maya dan dunia nyata. Tapi kamu mengaburkan batas antara keduanya dengan melanjutkan yang berawal dari maya ke nyata, mengapa?


Karena emang senang dapat teman baru ^_^


Mencermati beragam postingan di blog, kamu sepertinya menyukai makan :D Apa makanan kesukaanmu, dan wisata kuliner teraneh apa yang pernah dialami?


Haha keliatan aku suka makan ya? :D well so far aku suka banget sama durian! Durian is the best deh, pernah seminggu di Medan tiada hari tanpa durian haha. Wisata kuliner teraneh? Kayaknya gak ada, saya rada geli soalnya kalo nyoba makanan aneh-aneh


*durian is yummyy :q bikin ngiler dhe, Kaa*


Bisa ceritakan pengalaman travelling ataupun kuliner yang paling tidak terlupakan?


Nah kalau soal travelling ini serruuu, saya pernah menjelajah Jakarta hingga ke Medan naik mobil, nyetir bareng bapak saya. Itu seru luar biasa! ^_^


*medannya menantang yaa untuk ditaklukkan? :D*


Travelling, blogging, kuliner, semuanya itu punya potensi untuk dibukukan, terlebih gaya bercerita kamu membuat pembaca merasa terlibat dalam apa yang diceritakan, ngga ingin membukukan pengalaman nih?


Keinginan itu selalu ada, tapi sampai sekarang belum terlaksana. Doakan yaaa ;)


*amiinn.. ditunggu ya bukunya, Kaa ;)*


Di awal2 ngeblog, kamu sering mosting cerita pendek ya, kok sekarang udah ngga pernah lagi? Tema cerita seperti apa yang paling senang kamu angkat?


Ohiya, dulu senang mosting cerpen. Agak kapok, banyak yang suka copas :p tapi kepikiran pengen bikin cerpen lagi sih. Tema? Biasanya cinta-cintaan hehe.


Mari sekarang kita bicarakan tentang lomba menulis :)) Gimana awalnya bisa terlibat dalam lomba menulis? Dan biasanya info perlombaan menulis itu didapat dari mana?


Gak sengaja lihat teman-teman lain ikutan lomba nulis terus saya juga coba-coba :D info lomba nulis biasanya dari teman-teman. Btw saya gak pelit sharing kalau ada lomba, biasanya saya kasih tau teman-teman lewat twitter atau FB :)


*hayoo.. buat yang hobi ikutan lomba nulis, jangan lupa mampir2 ke FB-nya Eka or Twitter-nya Eka yaa, biar bisa dapatin info lomba :D*


Apa tantangan terbesar dalam mengikuti beragam perlombaan menulis? Dan apa saja yang telah kamu menangkan? 


Biasanya karena kesibukan jadi lupa deadline-nya :D haha. Apa yah yang dimenangin? Gadget, trip wisata, voucher belanja, pernah saya dapatkan sebagai hadiah lomba blog.


Ada tips dan saran bagi para pembaca yang juga senang mengikuti perlombaan menulis?


Lomba menulis itu mengasah kemampuan. Ikut banyak lomba sah-sah saja tapi tetap harus selektif apa yang mau diikuti supaya fokus.


*saran Eka buat selektif itu bener bangets lho, karena kalau kebanyakan ikutan lomba, apalagi yang deadline-nya berbarengan, bisa bikin ngga fokus menulis-nya karena pikiran bercabang2*


Saat ini hidup kamu berjalan lebih dari sekedar baik, masih menyimpan suatu impian yang belum terealisasi?


Bikin buku! :D


*ayoo, Kaa, semangaatt.. ada target ngga nih kapan harus terwujudnya?*


Model travelling macam apa yang disukai? Sejauh ini, wisata alam ke mana yang paling disukai, mengapa?


Saya bukan penggemar backpacker tapi juga gak punya gudang uang untuk travelling kayak turis dengan nginap di hotel-hotel mahal, jadi biasanya saya travelling dengan perencanaan alias ada budget khusus. Senangnya wisata alam dan yang paling berkesan ke Bromo kemarin karena mesti bangun jam 3 pagi untuk cari sunrise hehe.


"Menikmati hidup" versi kamu itu yang seperti bagaimana?


Baca buku di pinggir pantai sambil ngemil durian. Nah itu menikmati hidup bangetz, hehe.


Kalau kamu punya mesin waktu, adakah hal2 di masa lalu yang ingin kamu ubah? Jika ya, mengapa, jika tidak, mengapa juga? :D


Nope, I don't wanna change a thing from my past for I am now is based on what I was before


Apa prinsip kamu yang paling utama dalam menjalani hidup ini?


Itu loh yang jadi tagline saya: Each day is a new life. Seize it. Live it.


Apa arti keluarga dan pernikahan buat kamu?


They are my everything! :)


~.*.~


Demikian wawancara dengan Eka. Ada beragam cara dalam menikmati hidup ini, bisa jadi caramu sama seperti cara Eka dalam menikmati memaknai hidup, bisa juga berbeda. 


Terima kasih atas waktunya, Eka. Ditunggu sharing2 selanjutnya di blog. Dan bagi yang telah meluangkan waktu untuk membaca "Spices of Life" edisi kali ini, semoga ada sesuatu yang bisa dipetik ;)


~.*.~


Berikut data pribadi Eka :


Nama : Eka Situmorang-Sir


Blog : http://ceritaeka.com


Twitter : @ceritaeka


Facebook : Cerita Eka


E-mail : ceritaeka@gmail.com


Sampai jumpa di edisi berikutnyaa :D


Take care and let's enjoy the ride of life ;)


-Indah-
Maret 2012

1 raindrops:

depz said...

yay... gw donk udah pernah kopdar sama blogger keren yg 1 ini
*wink*

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)