~when everything seems like it's falling apart, that's when God is putting things together just the way He wants it~ (unknown)
RSS

Friday, January 29, 2010

Guilty

Gambar diambil dari :
http://mosaicartsource.files.wordpress.com/2006/10/queen-esther-holding-evidence-of-hamans-guilt-mosaic-portrait-lilian-broca.jpg

Topic starter : Jumat, 29 Januari 2010 (6:48 pm)

Duhh.. ntah kenapa tadi dalam perjalanan pulang, gua ngerasa kepala gua beraaaattt bangetss.. Padahal sebelonnya ngga apa2 lhoo walau menjelang sore tadi gua ngerasa kepala gua penuh, sayangnyaa.. gua ngga tau apa yang lagi gua pikirkan, hikss..

Malam ini gua pengen mengangkat suatu topik yang telah beberapa lama itu bermain2 dalam benak gua and gua selalu penasaraaann tapi seperti biasa selalu malas mencari tau padahal katanyaa.. apa sih yang ngga bisa didapatkan via internet sekarang ini?

Tinggal klik (Aunty) Google terus masukin kata kunci-nya and elo akan mendapatkan hasil yang diinginkan, again.. katanyaa :p

Tapi semakin lama gua semakin menyadari kalo the way I learn things ain't that wayy, ahahaha..

Karena informasi di internet sekarang ini juga susah dipercaya sih kebenarannyaa..

Anywayy.. back to guilty.

Guilty itu adalah perasaan bersalah.

Dipikir2 gua itu tipe yang gampang bangets ngerasa bersalah, hiks hiks huaa..

Lagi mencoba mencari tahu KENAPA?!

Tapi sampai sekarang masih belon mendapatkan alasannyaa..

Kalo misalnya nyokap gua sedih, gua suka ngerasa bersalah, belon tentu karena gua yang menyebabkannya bersedih, tapi bisa juga karena gua ngerasa bersalah ngga bisa mencegah terjadinya hal yang bikin nyokap gua bersedih :'(

Kenapa? Gua suka bertanya2.

Gua juga sering ngerasa bersalah karena ngga bisa menjadi seperti harapan orang lain.

Walaupun gua tau menjadi seperti apa yang mereka inginkan itu bukanlah jalan menuju kebahagiaan gua, tapi tetap ajaa.. susah untuk mengenyahkan rasa itu.

Kenapaa ya?

Gua masih bertanya2.

Somehow gua ngerasa ada bagusnya masih bisa ngerasa bersalah.

Why?

Karena itu artinya hati nurani masih jalan.

Bayangkan kalo udah tau melakukan perbuatan yang dilarang agama eehh ngga sedikitpun merasa bersalah, well.. itu tanda ada yang salah.

Btw.. busyeett daahh.. hari ini melongok e-mail lama gua di Yahoo, udah lamaa bangets kaga ditengok eehh ada hampir 2000 message yang belon dibaca, huaaa.. saatnya pembersihan!

Aahh.. e-mail lama ini membawa banyak kenangan, gua bikin e-mail ini sekitar 8 or 9 tahun yang lalu, gimana gua bisa inget? Huehehe.. tentu saja bukan karena I have sharp memoryy.. tapi karena gua inget bangets id ini memiliki angka yang mengacu ke umur gua pada saat bikin, hihihi..

I'm ooooollllddd :p

Masa2 awal bikin id ini tuh pas masih tergila2nya ma yang namanya chatting terus main2 di forum2, Kafegaul sih lebih tepatnya, di Warung Bola, maklum.. jaman itu tuh lagi demen2nya ama yang namanya Totti ;)

Apa2 Totti sampai2 aktif juga di berbagai milis Totti terus ngobrol2 ama anggota milis yang kebanyakan berasal dari belahan bumi Eropa, sempet surat2an juga ada 2 di antara mereka.

Berinteraksi dengan banyak orang githu tuh kadang emang membuka banyak peluang untuk terjadinya gesekan ya.

Sampai sekarang gua masih ngga ngerti kenapa salah satu temen gua asal England, Jane, dimusuhin ama temen gua lainnya asal Belanda, Molly, yang sama2 anggota milis juga.

Lucunyaa.. sebelon akhirnya berantem2an githuu.. mereka itu udah saling mengunjungi rumah masing2 lhoo.. gantian bertandang antara England and The Netherland untuk nonton pertandingan Totti barengan!

Sejak dulu.. gua selalu menyayangkan yang namanya perpisahan, walau ngga menyangkut gua, tetap aja gua ngerasa sayang ngeliat persahabatan yang dulu terjalin dengan demikian akrabnya kini harus tercerai berai.

Mungkin karena friendship itu sendiri adalah hal yang penting buat gua?

Hmm.. mungkin yaa..

Karena gua pernah mengalami ditinggalkan temen gua semasa SD dulu gara2 dia pindah rumah, huhuhu..

Apa gara2 itu yaa gua jadi menyayangkan adanya perpisahan?

Hubungan.

Yang namanya hubungan antar dua manusia itu melibatkan dua hati, kalo sampe tiga itu namanya repot, huahahaha.. wong yang berhubungan cuman 2 :p

Duhh.. sekarang jidat gua pake acara dingin pulaa..

Apa karena berita yang tadi gua terima yaa?

Hmm.. bentar.. gua pikir2 duluu..

Duluan mana antara gua ngedenger berita itu sama gua ngerasa kepala gua berat?

Aaarrgghh.. ngga berhasil mengingatnya.

Tapi in a way mungkin emang gua ngerasa terpukul mendengar apa yang gua dengar itu.

Betapa seseorang yang begitu tegar and begitu baiknya kok bisa2nya diperlakukan dengan sekejam itu yang membuat dirinya sampai mengucapkan, "Saya bener2 terluka atas perbuatannya."

Karena apa?

Karena gua tau ngga mudah baginya untuk mengucapkan kata2 itu.

This has been going on for YEARS, yaahh.. ini peristiwa yang udah menahun tapi selama ini dia selalu memendamnya seorang diri, menampilkan wajah "aku baik2 saja" di hadapan kita2 yang pada ngga peka dan menelan bulat2 topeng sandiwara yang dikenakannya.

Mungkin dia udah lama merasakan terluka-nya tapi to finally say those words.. it takes courage karena terkadang ucapan itu membuat segala sesuatunya terasa lebih "nyata".

Kalo baru dirasakan dalam hati, sometimes we're a great pretender, kita bisa berusaha meyakinkan diri kita bahwa everything's fine, nothing's wrong, and I'm not hurt on whatever things they say.

How do I know? Cause I'm one of them, the great pretender yang tau bahwa hatinya gampang terluka maka mentamenginya sedemikian rupa supaya tiap anak panah yang diarahkan padanya ngga akan sampai melukai hatinya.

So I should've known and recognize a soul like my own!

Iyaaa.. seharusnya gua bisa menyadarinya tapi lagi2 gua gagal.

Gua selalu ngeliat dia sebagai sosok yang terlalu rational yang seringkali membuat gua lupa bahwa dia tetap punya hati, hati yang juga bisa merasakan sakit, sama seperti hati gua. Hati yang juga bisa merasakan kesedihan, sama seperti hati gua.

Iya, dengan bodohnya gua menganggap dirinya sebagai orang yang punya perasaan, ooh oohh.. betapa bodohnya gua!

Especially to know that di antara yang lainnya, bisa dibilang gua itu yang paling sering diajaknya ngobrol, tapi ntahlah.

Gua ngerasa somehow gua ngerasa takut menghadapi kesedihannya.

Bodoh bukan, this isn't about me tapi yang selalu gua pikirkan adalah tentang gua.

Mungkin ini sebabnya gua selalu ngerasa bersalah.

Karena somehow gua ngerasa mungkin peran gua di sini adalah sebagai penghubung untuk satu sama lain saling berkomunikasi.

Tapi gua selalu menolak karena gua ngga pernah bisa netral benar2 jadi penghubung tanpa melibatkan emosi.

Somehow gua bisa mengerti apa yang dimaksudkan oleh kedua belah pihak tapii.. gua cape selalu menjadi penghubung, kenapa sih kalian ngga belajar memperbaiki komunikasi kalian sendiri and interaksi satu sama lain tanpa harus melalui gua?!

Tapi kadang.. kalo diam aja gua ngerasa kasian juga.

I'm used in reading between the lines cause I've been shaped that way.

Karenanya terkadang gua bisa menangkap hal2 yang ngga dikatakan dibanding apa yang diucapkan or dituliskan seseorang.

Somehow I can "feel" the emotion.

Harusnya gua bisa berperan sebagai pendengar yang baik, yang hanya manggut2 seperti patung Dakochan yang dipasangin per and mengangguk2an kepalanya sepanjang mobil itu berjalan.

Tapii.. I'm a natural balancer, ini yang kadang ngga bisa membuat gua diam mendengarkan tanpa komentar, karena gua paling ngga tahan mendengarkan seseorang disudutkan sedemikian rupa and hanya dicari2 kesalahannya muluu..

Halloo.. masa iya sih tuh orang kaga ada baik2nya sedikitpun?!

Tapi kalo gua ngomong githu, dia-nya marah.

Sementara kalo gua-nya diam aja, gua yang tersiksa.

Jadi akhirnya gua memilih untuk menghindar.

Walau kadang gua ngerasa kasian juga sih karena somehow gua ngerasa kalo dia itu kesepian and hanya gua yang bisa diajak ngomong tapi kadang kalo mood gua lagi amburadul, boro2 musti mikirin orang lain karena gua juga harus berusaha menahan diri gua supaya ngga crashed down.

Mungkin itu sebabnya gua ngga bisa terlalu connect ama orang yang sakit physically karena gua jarang sakit fisik selain sakit gigi, perut, pusing ama flu batuk githu.

I can't understand their pains no matter how much I tried.

But somehow I can connect with emotional pains.

Cause I've been hurt for so many times although I'm not bleeding.

Aahh.. andai ada buku manual yang bisa berlaku untuk semua orang, asyik juga kali yaa walaupun tentu dunia akan kehilangan sedikit kemisteriusannya tapii setidaknya at many times elo ngga akan ngerasa terjebak don't know what to do ketika berhadapan dengan situasi tertentu.

One thing I've also realized adalah..

How we treat others itu emang bener2 cerminan who we are inside yaa.. walau kadang mungkin secara ngga nyadar.

Kemaren ini gua pernah ngobrol2 ama temen gua terus gua bilang ke dia..

When you are in darkness (not literally, please dhe aahh ;p), gua bisa sih berperan sebagai teman yang mendampingi elo dalam kegelapan.. tapii.. karena kalo gua sendiri memposisikan diri sebagai orang yang ada dalam kegelapan, maka gua lebih senang untuk jadi tangan yang menarik elo keluar dari kegelapan untuk kembali menikmati cerahnya sinar mentari lagi.

That is whyy.. seringkali temen gua itu sebel kalo curhat ke gua, huahahaha.. gua khan suka ngga tahan untuk ngga komen (even when I know I should've just listened :p).. sekarang baru bisa ngeliat kalo gua ada dalam posisi dia and punya temen seperti gua.. emang bener.. kadang gua itu rese!! Wakakakakak :p

Kurang lebih sebulan yang lalu gua pernah bilang ma seseorang, "Udaahh.. kalo dia ngomong didengerin aja, ngga usah ikut2an ngejelek2in pihak yang satunya, karena dia itu lagi sedih, dia ngga butuh untuk mendengar masukan jelek mengenai pihak sana."

Iya yaa.. kembali gua disadarkan bahwa seringkali ketika berhubungan dengan orang lain itu kita lebih mementingkan ego and perasaan kita dibanding mempertimbangkan perasaan sang lawan bicara.

Gua yakin orang itu juga tau tentang keburukan pihak yang satunya itu.

Seringkali gua ngerasa nasehat kita ke orang lain itu sebenernya merupakan nasehat kita kepada diri kita sendiri, ahahaha.. atau setidaknyaa.. nasehat yang ingin kita dengar andai kita ada dalam situasi yang sama.

Karena we are who we are and we can never be anyone else.

Betapapun kita coba memposisikan diri dalam situasi yang sedang dihadapi dirinya, pikiran dan perasaan kita itu tetap milik kita and kita ngga bisa menyelami perasaan dirinya.

Mungkin itu sebabnya gua sering menasehati diri gua kaya gini neeh, huehehehe.. karena I know what I should and need to listen but in time ketika gua "terjebak" dalam situasi itu.. gua ngga punya orang lain yang bisa memberikan gua nasehat yang butuh untuk gua dengarkan.

Aahh.. menyenangkan sekali rasanya bisa ngomongin hal2 yang campur aduk gini, huahahahahaa..

*tipe orang yang ngga nyadar diri kalo tulisannya amat sangat jaraaaaaaang sekali bis fokus ngomongin satu topik aja :p*

Udah aahh.. lumayan pusing gua udah rada ilangan dikitttsss..

Semoga ntar malam bisa tidur nyenyak dhe jadi besok bangun dengan perasaan segar karena udah Sabtuu githu lhoo, harus dinikmati dengan sebaik2nyaa ;)

La la laa.. hidup ini indah sebenernya, tergantung ke arah mana kita memandang, hihihi..

Sama seperti pelangi yang selalu hadir sehabis hujan, terkadang kita itu memandang ke arah yang salah sehingga ngga bisa menikmati keindahannya.

Jadii.. hujaaaaann.. datanglaaahh!!

*ini sih emang ngarep, ahahahaha :D*

Topic ended : 29 Januari 2010 (8:31 pm)

-Indah-
the soul traveller

0 raindrops:

Post a Comment

thank you for coming and reading.. would love to hear your thoughts on the related post ;)